Teknologi

Pengalaman Pertama Kali Langganan Indihome Lampung

Pengalaman Pertama Kali Langganan Indihome Lampung – Jadi saya berlangganan Indihome dan saya sudah memulai pembayaran bulan ketiga saya, pada bulan Oktober 2018 ini akan menjadi pembayaran ketiga saya. Ada pengalaman yang cukup menyebalkan setelah berlangganan Indihome. Saya baru saja mencoba menggunakan layanan Indihome tetapi saya gelisah.

Oleh karena itu benar, sesuai judulnya, nomor pelanggan Indihome saya telah tertukar dengan pelanggan lain. Saya tidak yakin dan tidak ada konfirmasi apakah itu benar atau tidak dari Telkom sendiri, tapi saya yakin 99% nomor saya tertukar.

Jadi berawal dari pemasangan Indihome di rumah saya Juli 2018 lalu, setelah pemasangan mekanik memberi saya nomor pelanggan melalui SMS (Whatsapp) keesokan harinya. Nomor pelanggan ini juga nomor internet Indihome ya sama. Oleh karena itu, nomor pelanggan yang diberikan oleh teknisi ini berbeda dengan nomor pelanggan di aplikasi MyIndihome.

Saya tanya ke teknisi tapi dia tidak menjawab, entah kenapa setelah teknisi memberikan nomor klien, kemudian dia kehilangan kontak dengan saya, tidak menjawab sms saya, seperti dia “penguasa” lagi. Oke disini saya lacak nomor pelanggan di aplikasi MyIndihome dan nomor yang diberikan teknisi saya diabaikan.

Pengalaman Pertama Kali Langganan Indihome Lampung

Pengalaman Pertama Kali Langganan Indihome

Beberapa kali internet Indihome di rumah bermasalah, kemarin saya tanya ke mekanik siapa yang memasang, tapi dia “mengatur”. Padahal dia sendiri yang bilang 2 bulan ke depan dia akan tanggung jawab kalau ada masalah internet, nyatanya? NOL.

Saya memang menghubunginya lewat Whatsapp lewat pesan, saya bisa menghubunginya lewat Whatsapp tapi kadang saya merasa tidak nyaman, misalnya teknisinya sedang memasang di ketinggian. Kalau pesan pasti sudah terbaca, maka terserah teknisi untuk membalas padahal sebenarnya read only.

Baca: https://www.indihomelampung.co.id/

Oke akhirnya kalau internet ada kendala saya akan hubungi CS baik via telp ke 147 atau melalui media sosialnya (Twitter), misalkan teknisi yang install kemarin sudah tidak ada. Bahkan beberapa kali Indihome mengalami masalah internet, seperti masalah pertama dengan lampu indikator modem LOS berkedip merah.

Saya sudah mencari informasi di internet, jika lampu LOS berwarna merah berarti koneksi terputus. Saya mengajukan keluhan melalui aplikasi MyIndihome, maupun melalui telepon. Diperiksa oleh mereka dan jawaban dari sistem mereka bahwa koneksi internet saya baik-baik saja, aplikasi MyIndihome juga diinformasikan bahwa koneksi internet baik-baik saja. Oke, mereka mencoba memperbaikinya, dan saya disuruh menunggu, butuh waktu sekitar 5 jam untuk menyambung kembali. Oke, aman, mari kita beralih ke internet.

Beberapa hari kemudian, kasus itu muncul kembali. Sampai batas waktu pembayaran, 20 Agustus 2018, tepatnya sekitar jam 8 malam, ada masalah lagi, internet saya terisolasi, katanya. Saya mencoba mencari informasi jika terisolir artinya saya tidak membayar tagihan padahal saya sudah membayar tagihan bulan pertama tanggal 14 tapi kok masih terisolir.

Saya menghubungi lagi melalui telepon dengan keluhan tentang isolasi, dan saya juga menghubungi melalui Twitter. Di telpon, cs mengkonfirmasi bahwa nomor saya aman dan tidak ada isolasi, tapi saat saya browsing di internet tetap terisolasi. Ok cs akan menindaklanjuti masalah yang terisolasi ini, saya disuruh menunggu lagi. Perbaikan ini memakan waktu cukup lama, mungkin beberapa jam.

Jadi disini saya agak curiga, dengan nomor yang diberikan oleh teknisi tersebut: “Apakah nomor saya tertukar dengan nomor pelanggan lain? Nomor teknisinya?” Ok, lalu saya coba cek tagihan nomor yang diberikan oleh teknisi, dan tebakan saya benar, itu tanggal 20 yang seharusnya hari terakhir pembayaran, nomor yang diberikan oleh teknisi belum dibayar, saya’ m mulai curiga di sini.

Kemudian saya bertanya kepada Telkom melalui Twitter. Mungkin Anda bisa melihat percakapan Twitter berikut ini. Saya tanya nomor yang di berikan teknisinya diisolasi atau tidak, dan jawaban dari cs seperti yang diharapkan, terisolasi, dan isolasi nomor teknisi dibuka. Sejauh ini internet sudah normal kembali, saya pakai saja karena ada banyak deadline waktu itu, wow.

Besoknya tanggal 21 Agustus saya coba tanya ke cs telkom lagi iseng lewat twitter, karena saya masih penasaran apakah nomer saya itu ternyata main-main dengan pelanggan lain. Tetapi jawaban cs tampaknya menunjukkan “jika tidak ada masalah internet, Anda sebaiknya tidak berbicara dengan cs”. Oke, saya akan mengakhiri pertanyaan yang mungkin tidak penting untuk Telkom cs.

Hari-hari berikutnya, tepatnya 30 Agustus 2018, akhir bulan, pada malam hari sekitar jam 11-12 pagi, nomor internet saya terputus lagi. Isolir terus membuat saya kesal, padahal tagihan sudah dibayar. Isolasi kedua kali ini ngeselin banget, banyak kerjaan tapi internet mati. Hubungi cs melalui telepon dan Twitter.

Saya disuruh reboot malah muncul masalah baru, lampu indikator internet mati, kalau begitu berarti lebih parah dari sekedar isolasi. Bantuan melalui remote cs pun sia-sia. Masalah selanjutnya ditanggulangi, sampai keesokan harinya, sampai siang lampu indikator internet masih mati. Saya mencoba lagi untuk menghubungi Telkom cs melalui telepon dan Twitter.

Akhirnya saya mendapat telepon di sore hari dari seorang teknisi dan dia bilang dia akan datang ke rumah. Menunggu beberapa jam, tidak ada yang datang, saya menelepon mekanik kembali. Dan apa jawaban dia? Dia monitor jaringan internet dengan saya, tidak ada pemadaman, jadi teknisi belum datang, kami juga sudah menunggu. Tapi saya jawab masih padam, internet mati. Akhirnya teknisi Telkom datang ke rumah 2 orang.

Butuh beberapa saat bagi mereka untuk memperbaikinya sementara juga berhubungan dengan pusat. Iseng-iseng, saya bertanya apakah nomor internet bisa ditukar, dan jawaban mereka adalah “ya”. Lalu saya tanya “Nomor saya campur dengan nomor pelanggan lain?”, jawaban mereka benar, tidak bingung. Tapi saya tidak puas dengan jawaban teknisi. Sembari menunggu internet saya diperbaiki, dan akhirnya internet berfungsi normal oleh teknisi.

Keesokan harinya, 31 Agustus 2018, terjadi pemadaman lagi di internet yang terisolasi semalaman. Saya sudah berpikir, ada yang salah dengan ini. Saya tidak mau salah komplain, saya tanya saja ke Telkom cs lewat Twitter. Saya tanya nomor saya diisolasi atau tidak, katanya aman, tidak ada isolasi. Kemudian saya menanyakan nomor yang teknisi berikan apakah diisolasi atau tidak dan cs menjawab ya diisolasi dan isolasi dibuka.

Dan jeng jeng jeng………. langsung internet saya bekerja normal. Membuka isolasi dari nomor yang diberikan oleh teknisi mengakhiri isolasi internet saya. Saya kira, perbaiki, nomor saya telah ditukar dengan pelanggan lain. Bagaimanapun, saya harus menyelesaikan masalah ini langsung dengan Plasa Telkom. Tapi saya sempat tanya cs di twitter tapi jawabannya kurang memuaskan saya, dan memang niat saya lebih baik datang saja ke Plaza kalau ada masalah seperti ini.